Jumat, 29 November 2013

pengertian seni modern dan tradisional

Pengertian Seni Modern

Seni Rupa terbagi menjadi 3 bagian yakni:
Lukisan karang dilaut karya basuki abdullah
Lukisan karang dilaut karya Basuki Abdullah
1).  Seni rupa modern adalah seni yang tidak terbatas pada suatu kebudayaan seerta adat namun berdasarkan fislosofi dan aliran seni rupa. Ciri-ciri seni rupa modern: Tidak terikat pada pakem-pakem tertentu, konsep penciptaannya tetap berbasis pada filosofi dan jangkauan penjabaran visualisasinya tidak terbatas, Minimalis, tidak ada unsur ornamen, universal, fungsionalitas diprioritaskan, kreativitas, memutus hubungan denga sejarah, Rasionalitas. Contoh Seni Rupa Modern adalah Lukisan Karya Basuki Abdullah dan Affandi.
Lukisan Tanaman dan burung karya Affandi
Lukisan tanaman dan Burung Karya Affandi
Karya seni modern lebih mengedepankan kesederhanaan yang bersifat universal, seorang seniman modern akan melihat dunia yang ia akan hadapi dari objek lukisan seolah-olah objek itu baru saja ia ciptakan, dengan syarat yanf dituntut menjadi ciri khasnya adalah kreativitas.

 
batik Indonesia
batik Indonesia
2). Seni Rupa Tradisional, adalah unsur seni yang menjadi bagian hidup masyarakat suatu kaum/suku/bangsa tertentu. Seni tradisional suatu daerah berbeda dengan seni tradisional daerah lainnya meskipun tidak dapat dipungkiri kemungkinan adanya seni tradisional yang sama. Ciri-ciri seni rupa tradisional: Dalam penciptaannya selalu berdasarkan pada filosofi sebuah aktivitas dalam suatu budaya yang berupa aktivita religius maupun istanasentris. Contoh seni rupa tradisional: Wayang kulit, wayang golek, batik, songket.
Lukisan Pemandangan Karya christo
Lukisan Pemandangan karya Christo
3).  Seni rupa kontemporer adalah suatu cabang seni yang berpengaruh pada dampaknya modernisasi, sedangkan arti kontemporer itu sendiri adalah kekinian atau lebih jelasnya modern, Jadi seni kontemporer adalah seni yang tidak terikat pada aturan-aturan zaman dahulu dan selalu berkembang sesuai kemajuan zaman atau lebih diartikan seni masa kini. Ciri-ciri seni rupa kontemporer: Tidak terikat pada aturan zaman dahulu, meleburnya batas-batas antara seni lukis, grafis, patung, teater, atari, musik dan politik. Contoh seni rupa kontemporer: Lukisan Pemadangan karya Christo

0 komentar:

Posting Komentar

[ Vistory ]

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Followers

Cari Blog Ini

Jumlah Pengunjung